Cara Membuat Link Google Meet di Laptop Tanpa Aplikasi

Bagaimana Cara Membuat Link Google Meet di Laptop Tanpa Aplikasi ?, mungkin Anda seorang pemula masih bingung untuk menggunakan fitur Google Meet ini. Oleh sebab itu, kami ingin sharing terkait penggunaan Google Meet tuk keperluan meeting secara online.
Sebenarnya cara menggunakan google meet di laptop dengan link cukup mudah kawan, hanya cukup menuju https://meet.google.com. Dan memilih 3 opsi, yakni : Buat rapat untuk nanti, Mulai rapat instan, dan Jadwalkan di Google Kalender.
Kita ketahui bahwa Google Meet adalah sebuah layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini merupakan salah satu dari dua aplikasi pengganti Google Hangouts & Google Chat. Ternyata aplikasi Google meet, cukup membantu untuk mengadakan meeting meski jarak jauh dan dapat dialihkan via Online.
Rapat video premium, yang diberikan secara gratis untuk semua orang. Menjadi sebuah solusi, bagi Anda yang ingin  melakukan sebuah acara khusus. Mau itu membahas Bisnis Anda atau sekedar jumpa kangen dengan kerabat Anda di beda tempat. Perlu Anda pahami, seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Bahwa tertera tiga pilihan menu buat link google meet di laptop.

Cara Bikin Link Google Meet di Laptop Yang Benar

Cara Membuat Link Google Meet di Laptop
Yuk, langsung saja kita bahas intisarinya teman-teman. Karena ada 3 pilihan menu guna bikin link Google Meet, jadi akan saya jelaskan semuanya. Tujuannya untuk mempermudah, dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

1. Buat Rapat Untuk Nanti

Untuk pilihan ini, bisa Anda gunakan ketika acara akan di laksanakan beberapa jam yang akan datang. Jadi Anda bisa klik menu pilihan yang paling atas, lalu Anda akan direct ke pop up seperti gambar dibawah ini :
Buat Rapat Untuk Nanti
Jadi Anda bisa langsung mengklik tanda kotak disebelah kanan link itu, dan otomatis akan tersalin link Google Meet nya dan siap untuk digunakan saat acara berlangsung.
Bila Anda sudah mengetahui untuk pilihan yang pertama, kini akan saya jelaskan untuk opsi yang nomor kedua.

2. Mulai Rapat Instan

Bila Anda memilih pilihan kedua ini, berarti Anda menginginkan acara meeting tersebut. Bisa dilakukan disaat itu juga / waktu yang mendesak sekalipun. Mengapa Google Meet memberikan opsi ini, yang jelas ingin mempermudah Anda saat kondisi apapun itu.
Kemudian ketika Anda klik simbol + yang menandakan “Mulai Rapat Instan”, akan segera berlangsung. Dan Anda akan dibawa pada jendela baru seperti gambar berikut :
Mulai Rapat Instan

Dari gambar diatas, bahwa Anda sebagai Moderator yang akan mengundang teman untuk bergabung pada room meeting tersebut. Bedanya dengan yang pilihan pertama, jika clientklik link yang dibagikan itu. Maka Anda akan langsung masuk kedalam ruang meeting secara otomatis, namun apabila Anda menggunakan opsi kedua ini. 
Maka link yang sudah disalin tersebut dan diakses oleh teman Anda, akan ada notifikasi di bagian tengah atas. Bahwa ada client yang ingin joint pada meeting itu, dengan cara “Izinkan” maka teman Anda akan langsung terhubung langsung dengan Anda sebagai Moderatornya.

3. Jadwalkan di Google Kalender

Dan opsi yang terakhir ini, cukup berbeda dari pilihan fitur yang pertama dan kedua. Mengapa, karena tujuan hadirnya “Jadwalkan di Google Kalender”. Bahwa Anda akan membuat rencana rapat bersama tim, di beda tempat dengan waktu yang masih lama.
Jadi bisa di jadwalkan hari & jamnya terlebih dahulu, agar tim Anda mengetahui waktu rapat yang akan diselenggarakan.
Cara membuat link google meet di laptop, dengan memakai pilihan yang ketiga ini. Cukup mudah sekali, klik logo seperti kalender. Lalu Anda akan pergi ke halaman baru, persis dengan gambar dibawah ini :
Jadwalkan di Google Kalender

Anda perlu menginput informasi, yang sudah saya beri tanda kotak merah serta panah merah tersebut. Mulai dari nama acara rapatnya, waktu (tanggal dan jamnya), dan durasi acaranya. Tujuannya mengisi informasi itu, supaya client bisa mengerti bagian inti rapat yang akan diselenggarakan dan waktunya.

Sehingga Moderator, tidak perlu memberitahukan ulang secara manual. Karena sudah tersusun dengan lengkap dan jelas, hanya menyalin link google meet yang sudah dibuat. Lalu bagikan pada client yang terkait, maka rapat akan berjalan sesuai dengan harapan Anda.
Baik, mungkin tips itu saja yang bisa saya berikan. Semoga tulisan cara buat link google meet di laptop ini, dapat membantu Anda yang memang sama sekali belum tahu tata cara penggunaannya. Silahkan share konten ini di sosial media Anda, barangkali kerabat / saudara Anda membutuhkan informasi yang sama.
Terimakasih.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *